Apple Watch

Rumor Apple Watch Series 6, Punya Touch ID, Oksimetri, dan Pelacak Tidur

Apple Watch Series 6 bakal datang dengan mahkota digital (Digital Crown) yang terintegrasi dengan sensor pemindai sidik Touch ID yang sebelumnya ada di iPhone.

Apple Watch Series 5/Digitaltrends.com

BeritaMac – Setelah rumor soal iPhone 12 yang bakal menjadi iPhone pertama dengan konektivitas 5G, kini muncul juga rumor soal Apple Watch Series 6 yang bakal membawa sejumlah fitur baru, salah satunya milik iPhone.

Berdasarkan informasi dari situs The Verifier seperti dilansir MacRumors, Sabtu (28/3/2020), Apple Watch Series 6 bakal datang dengan mahkota digital (Digital Crown) yang terintegrasi dengan Touch ID.

Touch ID sendiri adalah teknologi pemindai sidik jari yang sebelumnya ada di iPhone 5s hingga iPhone 8. Namun Apple tidak lagi menggunakan teknologi ini sejak era iPhone X yang lebih mengandalkan Face ID.

Selama ini, perangkat Apple Watch tidak punya fitur keamanan biometrik. Namun untuk keamannya, pengguna bisa menggunakan kode numerik berupa PIN. Selain itu, Apple Watch juga sudah mendukung buka layar saat pengguna membuka layar iPhone.

Meski begitu, Apple Watch seri saat ini memiliki opsi otentifikasi biometrik melalui kontak kulit. Opsi otentifikasi ini digunakan untuk beragam fungsi, utamanya untuk pembayaran Apple Pay.

Fitur lain yang dimiliki Apple Watch adalah dukungan untuk merekam Elektrokardiografi (Electrocardiogram/ECG). Dukungan ini terintegrasi di Digital Crown milik Apple Watch. Jadi tidak diketahui bagaimana Touch ID bakal disematkan di Apple Watch Series 6 nanti.

Masih dalam laporannya, The Verifier menyebutkan sensor pemindai sidik jari Touch ID akan dipindahkan ke bagian layar. Namun itu baru akan hadir di Apple Watch Series 7 berikutnya.

Beralih ke sektor sistem operasi, watchOS 7 disebutkan akan hadir dengan desain baru yang lebih segar, termasuk pembaruan aplikasi bawaan dan peningkatan kemampuan Siri.

Perangkat yang mendukung watchOS 7 mulai dari Apple Watch Series 3 hingga model yang lebih baru. Sedangkan model generasi sebelumnya seperti Apple Watch Series 2 tidak akan mendukungnya.

Menurut sumber yang sama, Apple juga sedang mengembangkan pemantauan oksimetri nadi untuk ‌Apple Watch‌ Series 6. Fitur ini memungkinkan ‌Apple Watch‌ untuk mengukur kadar oksigen dalam darah.

Fitur lain yang akan disematkan adalah kemampuan untuk melacak tidur untuk mengukur metrik seperti waktu tidur dan kualitas tidur. Kabarnya fitur ini akan diumumkan dalam waktu dekat.

Source: MacRumors.com

Rumor Apple Watch Series 6, Punya Touch ID, Oksimetri, dan Pelacak Tidur
Comments
To Top