Mac

Apakah Mac dengan Prosesor ARM Dukung Thunderbolt USB-C? Ini Jawaban Apple

Apple berencana untuk meluncurkan Mac dengan prosesor berbasis ARM tahun ini. Namun apakah Mac dengan prosesor tersebut mendukung standar konektor Thunderbolt USB-C?

Thunderbolt di MacBook Pro 16 Inci/Blog.macsales.com

BeritaMac.idMac dengan prosesor Intel telah lama mendukung standar konektor Thunderbolt USB-C. Lalu bagaimana dengan Mac generasi baru yang rencananya akan disematkan prosesor berbasis ARM?

Kabar gembira. Apple menyatakan Mac dengan Apple Silicon, prosesor berbasis ARM yang dikembangkannya oleh mereka secara kustom, akan mendukung standar konektor Thunderbolt USB-C.

Dukungan Thunderbolt berbasis konektor USB-C di Mac dengan prosesor berbasis ARM cukup masuk akal. Pasalnya Apple menyebutkan konektivitas ini dikembangkannya bersama Intel sejak lama.

“Lebih dari satu dekade yang lalu, Apple bermitra dengan Intel untuk merancang dan mengembangkan Thunderbolt, dan hari ini pelanggan kami menikmati kecepatan dan fleksibilitas yang dibawanya ke setiap Mac,” kata juru bicara Apple dikutip dari The Verge, Kamis (9/7).

Simak juga: Seberapa Kencang Mac Berbasis ARM vs. iPad Pro, Mac mini dan Macbook Air? Ini Hasil Benchmarknya

“Kami tetap berkomitmen untuk masa depan Thunderbolt dan akan mendukungnya dalam Mac dengan silikon Apple,” lanjut dia.

Dengan demikian, Mac dengan Apple Silicon nantinya bisa dikoneksikan dengan beragam perangkat Thunderbolt seperti SSD eksternal, layar monitor, dan lainnya.

Pernyataan Apple hadir berbarengan dengan pengumuman dari Intel soal standar Thunderbolt 4 mendatang. Thunderbolt baru ini berbasis USB4 dan konektor USB-C yang sama seperti generasi sebelumnya.

Simak juga: Dinilai Buruk, Prosesor Intel Skylake Jadi Alasan Apple Pindah ke ARM buat Mac

Asal kamu tahu pada WWDC bulan lalu, Apple telah mantap memutuskan bertransisi dari prosesor Intel ke prosesor berbasis ARM yang disebut Apple Silicon buat Mac generasi berikutnya.

Mac pertama dengan Apple Silicon rencananya akan mulai debut perdana pada akhir tahun ini. Sementara itu transisi dari Intel ke ARM akan berlangsung dalam dua tahun ke depan.

Sumber: Theverge.com

Comments
To Top