Apps

Apple Depak Game Fornite dari App Store, Apa Alasannya?

Apple menarik game Fornite dari App Store karena pengembangnya, Epic Games melakukan pelanggaran fatal. Apa pelanggaran yang dimaksud?

Fortnite/Foxbusiness.com

BeritaMac.id – Pengembang game besar Epic Game mengumumkan berita mengejutkan. Aplikasi game tembak-tembakan multiplayer online paling populer besutannya, Fornite, sudah tidak tersedia di App Store.

Apple dilaporkan telah menarik atau mendepak Fornite dari toko aplikasinya sebagai imbas dari pelanggaran fatal yang dilakukan oleh Epic Games selaku pengembangnya.

Salah satu pengembang game besar di dunia tersebut melanggar ketentuan Apple dengan menerapkan sistem pembayaran langsung tanpa melalui sistem pembelian dalam aplikasi (in-app purchases/IAP).

Lihat juga: Berkat Ekosistem App Store, Penjualan Online Global Tembus $519 Miliar di 2019

Apple telah mengeluarkan pernyataan resminya terkait alasan di balik penghapusan Fornite dari App Store miliknya. Berikut pernyataannya seperti dikutip dari MacRumors, Jumat (14/8).

“Hari ini, Epic Games mengambil langkah yang tidak menguntungkan dengan melanggar pedoman ‌App Store‌ yang diterapkan secara setara untuk setiap pengembang dan dirancang untuk menjaga keamanan toko bagi pengguna kami,”

“Akibatnya, aplikasi Fortnite mereka telah dihapus dari toko. Epic mengaktifkan fitur di aplikasinya yang tidak ditinjau atau disetujui oleh Apple, dan mereka melakukannya dengan maksud melanggar pedoman ‌App Store‌ terkait pembayaran dalam aplikasi yang berlaku untuk setiap pengembang yang menjual barang atau layanan digital.

“Epic telah memiliki aplikasi di ‌App Store‌ selama satu dekade, dan telah mendapat manfaat dari ekosistem ‌App Store‌ – termasuk alat, pengujian, dan distribusi yang disediakan Apple untuk semua pengembang.

“Epic menyetujui syarat dan pedoman ‌App Store‌ secara bebas dan kami senang mereka telah membangun bisnis yang begitu sukses di ‌App Store‌. Fakta bahwa kepentingan bisnis mereka sekarang mendorong mereka untuk membuat pengaturan khusus tidak mengubah fakta bahwa pedoman ini menciptakan kesetaraan bagi semua pengembang dan membuat toko tersebut aman bagi semua pengguna.”

“Kami akan melakukan segala upaya untuk bekerja dengan Epic untuk menyelesaikan pelanggaran ini sehingga mereka dapat mengembalikan Fortnite ke ‌App Store‌.”

Lihat juga: Kecam Kebijakan Apple, Facebook Rilis Aplikasi Facebook Gaming tanpa Game

Seperti diketahui, Epic Games meluncurkan sistem pembayaran langsung yang memungkinkan pemain membeli 1.000 V-Bucks di Fortnite dengan harga $7,99. Sistem pembayaran ini tidak menggunakan sistem IAP dari Apple.

Mengetahui hal tersebut, Apple bergerak cepat. Mereka langsung menarik game tersebut dari toko aplikasinya karena melanggar aturan pedoman App Store nomor 3.1.1.

Aturan ini menyatakan bahwa aplikasi yang menawarkan mata uang dalam game harus menggunakan mekanisme pembelian dalam aplikasi. Apple juga melarang aplikasi untuk menyertakan tombol, tautan, atau ajakan bertindak lainnya yang meminta pelanggan untuk menggunakan metode pembayaran yang tidak disetujui Apple.

Selain di App Store, Fornite juga kabarnya tidak tersedia di toko aplikasi Google Play Store buat Android karena pelanggaran yang serupa.

Sumber: MacRumors.com

Comments
To Top