Apple Watch

Apple Watch Series 6 Bakal Bisa Deteksi Kadar Oksigen dalam Darah

Laporan terbaru dari Taiwan menyebutkan Apple bakal menyematkan beberapa biosensor yang salah satunya bisa mendeteksi kadar oksigen dalam darah di Apple Watch Series 6.

Apple Watch Series 5/Htxt.co.za

BeritaMac.ID – Apple diketahui tengah menyiapkan Apple Watch Series 6 untuk diluncurkan pada akhir tahun ini. Kini muncul bocoran terbaru soal sejumlah fitur baru lainnya yang akan diusung jam tangan pintar besutan Apple tersebut.

Dilansir MacRumors dari Digitimes, Jumat pekan lalu (3/7), mengabarkan bahwa Apple bakal menyematkan beberapa biosensor yang salah satunya bisa mendeteksi kadar oksigen dalam darah di Apple Watch Series 6.

‌“Apple Watch‌ 6 akan dilengkapi dengan biosensor yang dapat memantau kondisi tidur, mendeteksi oksigen darah dan mengukur denyut nadi, detak jantung, dan fibrilasi atrium, dan juga akan mengadopsi accelerometer dan giroskop berbasis MEMS…,”

Cek juga: Apple Watch Sport Band Kini Hadir dalam 4 Warna Baru buat Musim Panas

Sumber yang sama menyebutkan, pengembangkan Apple Watch‌ generasi baru berjalan lancar berkat kolaborasi yang erat antara Apple dan perusahaan asal Taiwan ASE Technology.

Kemampuan ‌Apple Watch‌ dalam mendeteksi kadar oksigen darah sebelumnya pernah terungkap dalam kode di iOS 14. Kode ini menjelaskan Apple Watch akan memberikan notifikasi soal kadar oksigen darah turun di bawah ambang batas yang sehat, yaitu sekitar 95 – 100 persen saturasi.

Tidak diketahui dengan jelas, apakah fitur tersebut akan terbatas dimiliki oleh ‌Apple Watch‌ Seri 6 baru atau apakah itu akan datang sebagai pembaruan perangkat lunak di watchOS 7.

Cek juga: Rumor Apple Watch Series 6, Punya Touch ID, Oksimetri, dan Pelacak Tidur

Di Apple Watch generasi pertama yang dirilis pada 2015 lalu, iFixit sebenarnya menemukan bahwa perangkat jam tangan pintar ini dilengkapi dengan sensor jantung yang bisa memantau kadar oksigen darah. Tapi saat itu, Apple tidak mengaktifkannya.

Kendati begitu, laporan terbaru ini mengindikasikan bahwa fitur pendeteksi kadar oksigen dalam darah kemungkinan hanya eksklusif tersedia buat Apple Watch Series 6.

Di samping dilengkapi dengan biosensor tersebut, Apple Watch Series rumornya akan mengusung prosesor yang lebih kencang, ketahanan air yang lebih baik, serta Wi-Fi dan jaringan seluler yang lebih cepat.

Analis Ming Chi-Kuo menyebutkan bahwa hal tersebut tidak lepas dari rencana Apple yang akan mengadopsi bahan Liquid Crystal Polymer untuk papan sirkuit di Apple watch Series 6 nanti.

Sumber: MacRumors.com

Comments
To Top