Apps

Facebook Peringatkan iOS 14 Bisa Bikin Pendapatan Iklan Anjlok Lebih dari 50%

Facebook memperingatkan para penerbit iklan yang menggunakan Audience Network miliknya soal dampak yang akan ditimbulkan oleh perubahan privasi di iOS 14.

Facebook/Investopedia

BeritaMac.id – Facebook adalah salah satu pihak yang tidak senang dengan perubahan yang dilakukan oleh Apple pada privasi di iOS 14. Alasannya update tersebut diklaim dapat mempengaruhi pendapat iklan dari penerbit secara signifikan.

Kini raksasa jejaring sosial milik Mark Zuckerberg itu memperingatkan para penerbit iklan yang menggunakan Audience Network miliknya soal dampak yang akan ditimbulkan oleh perubahan privasi di iOS 14.

Facebook menyatakan bahwa para penerbit iklan dapat mengalami penurunan pendapatan lebih dari 50 persen begitu Apple merilis update iOS 14 pada musim gugur nanti. Penurunan ini didasarkan pada pengujian yang mereka lakukan.

Apple seperti diketahui telah menambahkan fitur baru untuk melindungi privasi pengguna. Dalam hal ini, pengembang diwajibkan untuk meminta izin untuk melacak pengguna di aplikasi atau situs web.

Berita Lainnya:

Karena perubahan privasi tersebut, Facebook kini tidak akan lagi mengumpulkan pengenal untuk pengiklan (Identifier for Advertisers/IDFA) lewat aplikasi-aplikasi besutannya di iOS 14.

“Hari ini, Facebook membagikan bagaimana kami menangani perubahan Apple iOS 14, yang termasuk tidak mengumpulkan IDFA di aplikasi kami sendiri di perangkat iOS 14,” tulis Facebook dalam blog resminya dilansir BeritaMac, Kamis (27/8).

Untuk pengembang dan penerbit yang menggunakan Audience Network, Facebook mengatakan kemampuannya untuk menayangkan iklan bertarget di iOS 14 akan terbatas.

Imbasnya, beberapa pengguna iOS 14 dikatakan mungkin tidak melihat iklan apa pun dari Audience Network, sementara yang lain mungkin masih melihat iklan tapi kurang relevan.

Pada kenyataannya, Facebook mengatakan dampak terhadap Audience Network di iOS 14 mungkin jauh lebih besar. Oleh karena itu, pihak disebutkan sedang mengerjakan strategi jangka pendek dan panjang untuk mendukung penerbit melalui perubahan ini.

Sumber: Facebook.com

Comments
To Top