Mac

MacBook 12 Inci Bakal Lahir kembali, Jadi yang Pertama Pakai Apple Silicon

MacBook dengan Retina Display 12 inci bakal lahir kembali tahun ini dengan mengusung Apple Silicon, prosesor berbasis ARM yang dikembangkan secara kustom oleh Apple.

MacBook 12 Inci Rose Gold/Telegraph.co.uk

BeritaMac.id – Misteri model Mac pertama apa yang akan dilengkapi Apple Silicon–prosesor berbasis ARM yang dikembangkan oleh Apple secara kustom–sedikit demi sedikit mulai terkuak jelang peluncurannya akhir tahun ini.

Dilansir Apple Insider dari China Times, Senin (31/8), MacBook dengan Retina Display 12 inci adalah model Mac pertama yang akan diluncurkan dengan Apple Silicon.

Laporan ini membantah rumor yang sudah beredar sebelumnya. Rumor itu menyebutkan MacBook Pro adalah Mac pertama yang akan dilengkapi dengan Apple Silicon.

MacBook baru ini disebutkan akan mengusung prosesor A14X. Prosesor dengan arsitektur yang sama kabarnya juga bakal digunakan di lini iPad Pro generasi berikutnya.

Selain prosesor A14X, fitur lainnya yang akan disematkan oleh di MacBook 12 inci baru adalah USB Type-C, baterai yang bisa bertahan hingga 20 jam, dan berat kurang dari 1 kilogram.

Berita lainnya:

Lebih lanjut, Apple disebutkan telah merampungkan desain prosesor A14X dan siap memproduksinya secara massal. Mereka mempercayakan produksi prosesor dengan proses teknologi 5nm ini kepada TSMC.

Dalam laporan yang sama, Apple juga disebutkan tengah mengembangkan desain GPU sendiri secara kustom untuk disematkan di iMac. Desainnya akan mengadopsi proses 5nm yang sama seperti prosesor A14X.

China Times menyebutkan pengembangan GPU ini berjalan dengan lancar. Namun tidak diketahui, apakah semua Mac dengan Apple Silicon dilengkapi dengan GPU tersebut.

Sumber: Appleinsider.com

Comments
To Top