News

Apple Percepat Adopsi Layar mini-LED buat iPad dan MacBook Tahun Depan

Analis terkemuka Ming Chi-Kuo memprediksikan ongkos produksi layar mini-LED bakal turun seiring Apple bakal mengadopsinya tahun depan.

Rumor Monitor 6K - iMac Pro 2019/9to5Mac.com

BeritaMac.id – Analis dari TF International Securities, Ming-Chi Kuo, merilis catatan riset terbaru mengenai layar mini-LED yang diprediksikan akan diadopsi oleh Apple di produk-produknya di masa depan.

Kuo menyatakan, meningkatnya kapasitas pasokan dan persaingan di antara para pemasok bakal mempercepat adopsi layar mini-LED di lini iPad dan MacBook di 2021.

Hal tersebut dikatakan sang analis bakal berdampaknya pada menurunnya ongkos produksi layar mini-LED menjadi $45 dari sebelumnya $75-85.

Oleh karena itu, Kuo memperkirakan Apple bakal menggunakan sekitar 40% layar mini-LED di ‌iPad‌ dan 20-30% di MacBook pada 2021. Jumlahnya naik dari perkiraan sebesar 10-20% untuk kedua produk tersebut.

Kuo bilang, Apple memasok layar mini-LED tidak dari satu pemasok, melainkan dari beberapa pemasok. Ini dilakukan untuk mengurangi risiko pasokan dan biaya.

Beberapa perusahaan pemasok layar mini-LED yaitu Epistar, Sanan Optoelectronics, Osram dan Seoul Semiconductor. Namun dari semuanya, Sanan Optoelectronic diklaim lebih unggul dalam hal jadwal produksi dan pengembangan.

Berita Lainnya:

“Kami memperkirakan bahwa Sanan Optoelektronik akan memiliki 20–30% dan 45–55% pangsa pasar LED mini Apple masing-masing pada tahun 2021 dan 2022 (vs. perkiraan kami sebelumnya sebesar 0% dan 10–20%), ditambah non-Apple,” tulis Kuo dilansir dari MacRumors, Senin (21/9).

Kuo menjelaskan, permintaan untuk LED mini di China telah meningkat, jadi pihaknya yakin Sanan Optoelektronik akan mendapatkan keuntungan yang signifikan dari bisnis mini LED dalam 3-5 tahun ke depan.

Sebelumnya, Kuo menyebutkan Apple menyiapkan setidaknya enam produk baru yang bakal dilengkapi dengan layar mini-LED, yaitu ‌iPad Pro‌ 12,9 inci, iMac Pro 27 inci, MacBook Pro 14,1 inci, MacBook Pro‌‌ 16 inci, ‌iPad‌ 10,2 inci, dan ‌‌iPad‌‌ mini 7,9 inci.

Semua produk baru dengan layar yang kualitasnya diklaim lebih unggul daripada LED biasa dan mendekati OLED tersebut diprediksikan akan meluncur pada akhir 2021.

Sumber: MacRumors.com

Comments
To Top