iPad

Resmi Diumumkan, iPad Air Baru Usung Bezel Tipis, Prosesor A14 Bionic, Kamera Sekelas iPad Pro, 5 Warna, USB-C

Apple baru saja resmi mengumumkan iPad Air baru dalam special event yang digelar secara online. apa saja fitur-fitur yang dibawanya?

iPad Air Baru/Apple.com

BeritaMac.id – Apple telah menggelar special event secara online dari Apple Park tengah malam tadi. Ada sejumlah produk baru yang diumumkan dalam event tersebut, salah satunya adalah iPad Air generasi teranyar.

Tidak mengusung nama iPad Air 4 seperti yang dirumorkan sebelumnya, tablet besutan Apple ini hanya diberi nama iPad Air baru tanpa menggunakan embel-embel angka.

Apple menyebut iPad Air generasi barunya sebagai tablet paling bertenaga, serbaguna, dan penuh warna. Bukan tanpa alasan, iPad Air baru punya segudang fitur termutakhir dan hadir dalam beragam warna menarik.

Desain

iPad Air/Apple.com

iPad Air baru mengusung desain dan faktor bentuk yang segar dan kekinian. Faktor bentuknya mirip seperti lini iPad Pro, dengan bezel tipis dan tanpa home button.

Meski tak punya home button seperti generasi sebelumnya, iPad Air baru masih dilengkapi dengan Touch ID. Letak pemindai sidik jarinya kini terintegrasi dengan tombol daya di bagian kanan atas.

Sesuai namanya, iPad Air baru masih menawarkan bodi tipis dan ringan. Tablet ini punya ukuran tebal hanya 6,1mm dan berat 458 gram (model Wi-Fi) dan 460 gram (model Wi-Fi dan LTE).

Layar

iPad Air Baru/Apple.com

iPad Air baru memiliki bentang layar Liquid Retina dengan ukuran 10,9 inci berteknologi IPS, bukan 10,8 inci sebagaimana yang santer terdengar. Ukuran layarnya sedikit di bawah lini iPad Pro.

Layar iPad Air baru memiliki resolusi 2360 x 1640 pixel dengan kerapatan 264 PPI (pixel per inch), mendukung wide color display (P3), True Tone, dan Apple Pencil generasi kedua.

Menariknya, layar iPad Air baru memiliki tingkat kecerahan yang tinggi hingga 500 nit, laminasi penuh, dan sudah mendukung fitur anti reflektif.

Prosesor dan Grafis

iPad Air Baru/Apple.com

Berlanjut ke sektor dapur pacu, iPad Air baru dilengkapi dengan prosesor A14 Bionic, chip seri A terbaru yang menggunakan teknologi prosesor 5 nanometer.

Dengan teknologi proses 5nm, prosesor A14 Bionic memiliki 11,8 miliar transistor yang mampu meningkatkan performa dan efisiensi daya di hampir setiap bagian chip.

Dilengkapi dengan 6 Core, prosesor A14 Bionic diklaim memiliki performa 40 persen lebih kencang, sehingga mampu menangani tugas-tugas berat seperti mengolah video 4K, memainkan game imersif, membuat karya seni, dan lainnya.

Selain itu, prosesor A14 Bionic juga dilengkapi dengan Neural Engine 16-inti baru yang diklaim dua kali lebih cepat dan mampu melakukan operasi hingga 11 triliun per detik.

Sementara di sektor grafis, Apple mengatakan iPad Air baru mendapatkan peningkatan GPU hingga 30 persen lebih kencang daripada sebelumnya.

Kamera dan Fitur Lainnya

Kamera iPad Air Baru/Apple.com

Mengambil foto dengan iPad Air baru tidak kalah bagus seperti perangkat baru Apple lainnya. Pasalnya iPad baru ini dilengkapi dengan kamera yang sama seperti di iPad Pro.

Kameranya punya resolusi 12 megapiksel yang mampu mengambil foto resolusi tinggi dan merekam video 4K. Sementara kamera depannya memiliki resolusi 7 megapiksel.

Selanjutnya di sektor audio, iPad Air baru dilengkapi dengan speaker stereo. Pada mode lanskap, speaker stereo ini memberikan pengalaman audio yang menarik saat menonton video atau mendengarkan musik.

Fitur lain yang ditawarkan oleh iPad Air baru yaitu port USB-C yang punya kecepatan transfer data hingga 5Gbps atau 10 kali lebih cepat daripada port biasa.

Dengan port USB-C, pengguna bisa mengkoneksikan iPad Air baru ke kamera, hard drive, dan monitor eksternal biasa hingga monitor 4K.

Untuk sektor konektivitasnya, iPad Air baru ini sudah dilengkapi dengan Wi-Fi 6 dan jaringan LTE yang diklaim 60 persen lebih cepat.

Sementara untuk varian warnanya,iPad Air baru hadir dalam lima warna menarik, yaitu Silver, Space Gray, Rose Gold, Green, dan Sky Blue.

Seperti iPad Pro, iPad Air baru juga sudah mendukung Magic Keyboard dan desain apung, trackpad internal, Smart Keyboard Folio, penutup Smart Folio baru, dan Apple Pencil yang bisa kamu tempelkan secara magnetis ke bagian samping tablet tersebut.

Adapun untuk media penyimpanannya, iPad Air baru tersedia dalam dua kapasitas penyimpanan yaitu 64GB dan 256GB.

Peluncuran dan Harga

iPad Air Baru + Magic Keyboard/Apple

Apple berencana meluncurkan iPad Air baru ke pasaran pada Oktober mendatang tanpa merinci tanggal pastinya. iPad baru ini akan dipasarkan di 30 negara gelombang pertama.

Di Amerika Serikat, iPad Air baru dijual dengan harga mulai $599 buat model dengan Wi-Fi  saja dan $729 buat model dengan Wi-Fi dan LTE.

Comments
To Top