Mac

Bocoran Jadwal Produksi Massal Prosesor ARM Apple Silicon buat Mac

Digitimes membocorkan informasi mengenai kapan Apple bakal mulai memproduksi massal Apple Silicon, chip prosesor ARM buat Mac.

Apple Silicon/Ist.

BeritaMac.idApple seperti diketahui berencana meluncurkan Mac pertama dengan Apple Silicon tahun ini. Apple Silicon adalah chip prosesor berbasis ARM yang dikembangkan secara kustom, menggantikan prosesor buatan Intel.

Kini beredar informasi terbaru mengenai kapan raksasa teknologi asal Cupertino itu bakal mulai memproduksi prosesor ARM buat lini Mac besutannya.

Informasi yang dilansir Cult of Mac dari Digitimes, Rabu (9/9), menyebutkan prosesor ARM Apple Silicon buat Mac rencananya bakal masuk produksi massal pada kuartal terakhir 2020.

Baca Lainnya: MacBook 12 Inci Bakal Lahir kembali, Jadi yang Pertama Pakai Apple Silicon

Produksinya disebutkan akan dilakukan oleh Taiwan Semiconductor Manufacturing Company (TSMC) yang juga memproduksi chip prosesor buat iPhone dan iPad.

Sumber itu mengatakan, TSMC akan memproduksi sekitar 5.000-6.000 wafer Apple Silicon per bulan. Adapun chip prosesor ARM yang dibuat adalah chip prosesor A14X, versi lebih kencang dari A14 buat iPhone 12.

Apple mengungkapkan rencananya beralih dari prosesor Intel ke ARM di acara WWDC Juni lalu. Di acara tersebut, mereka berencana meluncurkan Mac pertama dengan Apple Silicon pada akhir tahun ini.

Baca Lainnya: Jauh Lebih Kencang, Ini Bocoran Benchmark Terbaru Mac dengan Apple Silicon

MacBook 12 inci disebut-sebut bakal menjadi Mac pertama yang diluncurkan dengan Apple Silicon. Laptop jinjing supertipis besutan Apple ini diprediksikan akan memulai debutnya pada akhir 2020 atau awal 2021.

Apple menyatakan, proses transisi dari prosesor Intel ke ARM akan membutuhkan waktu sekitar dua tahun hingga semua lini Mac sepenuhnya mengadopsi Apple Silicon.

Sumber: CultofMac.com

Comments
To Top