Miscellaneous

Bos Facebook Komentari soal Dugaan App Store Monopolistik

Bos Facebook Mark Zuckerberg ditanya soal kemungkinan apakah Apple melakukan praktik monopoli dalam menjalankan bisnis App Store. Simak jawaban selengkapnya.

Mark Zuckerberg dan Tim Cook/Prowell-tech.com

BeritaMac.id – CEO Facebook Mark Zuckerberg menyampaikan komentarnya soal Apple yang diduga melakukan praktik monopoli dalam menjalankan bisnis App Store miliknya.

Mark menyatakan bahwa Apple memiliki kendali sepihak atas App Store. Toko aplikasi Apple itu juga disebutkan layak untuk diselidiki oleh pihak berwenang (Komite Kehakiman DPR AS).

“Saya yakin mereka memiliki kendali sepihak atas apa yang ada di ponsel dalam hal aplikasi,” kata Mark dalam wawancaranya dengan Axios sebagaimana dilansir dari Apple Insider, Kamis (10/9).

Menurut Mark, ada pertanyaan yang harus diperhatikan orang tentang kontrol App Store dan apakah hal itu memungkinkan sekuat dinamika persaingan.

Mark lantas membandingkan App Store dengan Google Play Store. Dia memberi pujian kepada Google karena mengizinkan aplikasi yang dapat diunduh dari toko aplikasi alternatif (sideloaded).

“Sebagai pengembang, jika Anda tidak berada di Google Play Store, setidaknya Anda masih memiliki cara untuk mendapatkan aplikasi Anda di perangkat orang lain,” jelas dia.

Cek Lainnya:

Bos Facebook bilang hal itu sangat penting bahwa orang memiliki cara untuk membuat sesuatu dan mendapatkannya di perangkat jika orang mau.

Ketika ditanya apakah pemerintah perlu melakukan penyelidikan terhadap kebijakan App Store, Mark tidak memberikan penjelasan.

“Saya pikir saya belum tentu orang yang menjawab itu … Saya pikir beberapa perilaku pasti menimbulkan pertanyaan. Dan saya pikir itu adalah sesuatu yang patut diperiksa,” ujar dia.

Pada Agustus lalu, Mark juga pernah mengkritik cara Apple dalam menjalankan bisnis App Store. Saat itu, dia menyebut App Store memblokir inovasi dan persaingan, dan mengizinkan Apple untuk mengenakan sewa monopoli.

Padahal, Facebook bersama Apple juga masuk dalam daftar perusahaan yang diselidiki oleh Komite Kehakiman DPR AS terkait anti persaingan usaha.

Sumber: Appleinsider.com

Comments
To Top