iPhone

Rakit iPhone 12, Pabrik Foxconn Beroperasi 24 Jam Sehari dan Larang Karyawan Liburan

Manufaktur utama rekanan Apple, Foxconn, telah meningkatkan produksi dengan kecepatan tinggi menjelang peluncuran iPhone 12 dalam waktu dekat.

Foxconn/SCMP.com

BeritaMac.id – Seri iPhone 12 bakal segera mulai debutnya dalam hitungan minggu. Jelang momen tersebut, manufaktur utama rekanan Apple, Foxconn, telah meningkatkan produksi dengan kecepatan tinggi.

Foxcon mengoperasikan semua lini produksi di pabrik-pabrik miliknya 24 jam sehari, memberlakukan jam kerja lembur, dan meminta karyawan untuk tidak mengambil hari libur.

Salah seorang karyawan Foxconn bernama Wang Guofeng mengatakan kerja lembur meningkat sejak musim panas dan sebagian besar pekerja hanya diizinkan mengambil cuti empat hari per bulan.

“Anda bisa mendapatkan 5.000 yuan hingga 6.000 yuan (USD880) per bulan, dan jika Anda bekerja di pabrik selama lebih dari 90 hari, ada bayaran khusus yang sangat besar,” kata pria berusia 33 tahun yang bekerja di pabrik selama lebih dari empat tahun dikutip dari SCMP, Rabu (30/9).

Karyawan lainnya dengan marga Ma mengatakan Foxconn telah memulai shift malam, dengan jalur produksi beroperasi 24 jam sehari. “Kami sangat sibuk selama beberapa minggu terakhir karena iPhone 12,” ungkapnya.

Berita Lainnya:

Sebagai gantinya, Foxconn memberikan bonus senilai 10.000 yuan bagi setiap karyawan yang memulai setelah 18 September, tinggal setidaknya selama 90 hari dan bekerja setidaknya 55 hari.

Adapun bonusnya yang diberikan kepada karyawan yang mulai bergabung setelah 26 September adalah sebesar 8.500 yuan. Selain itu, karyawan juga bisa mengantongi tambahan 500 yuan jika merujuk karyawan baru.

Warga China sendiri rencananya bakal merayakan Hari Nasional dan Festival Kue Bulan (Festival Pertengah Musim Gugur) pada 1-8 Oktober 2020.

Namun karyawan Foxconn tidak keberatan untuk tetap bekerja merakit iPhone 12. Malahan mereka dilaporkan senang lantaran mendapatkan bayaran tiga kali lipat daripada biasanya.

Sumber: SMPC.com

Comments
To Top